Pelatihan Manajemen Usaha Bagi Kelompok Usaha Kota Parepare

Program INKLUSI-BaKTI, melalui Yayasan Lembaga Pengkajian Pengembangan Ekonomi dan Masyarakat (YLP2EM) sebagai mitra program, memfasilitasi kegiatan Pelatihan Manajemen Usaha Bagi Kelompok Usaha Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 19-20 September 2024 bertempat di Kafe Lago’ta Parepare. Diikuti oleh 20 orang pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang ada di Kota Parepare, kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi   permasalahan   dan   potensi   pelaku   usaha   mikro dari kelompok rentan atau marginal, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengelola usaha kelompok, serta membangun jaringan pemasaran antar pelaku usaha dalam pengembangan usaha. Harapannya dengan mendampingi kelompok usaha masyarakat rentan dan marginal, mereka mampu mandiri dan keluar dari kondisi kemiskinan.


Pada kegiatan ini para peserta belajar mengenai wirausaha berperspektif gender, mengidentifikasi permasalahan dan merumuskan solusi terkait usaha masing-masing, juga belajar mengenai pentingnya memisahkan keuangan usaha dan keuangan keluarga mengingat sebagian besar usaha berupa produksi rumah tangga. Para peserta juga belajar mengenai pentingnya pembukuan usaha dan praktek langsung melakukan pembukuan usaha.

“Parepare menempati posisi ketiga di Sulawesi Selatan dalam hal jumlah pelaku UMKM. Ada sekitar 17.000 UMKM di Kota Parepare yang sebagian besar dijalankan oleh perempuan. Jadi kalau kita memperhatikan kesejahteraan UMKM, ini akan bisa menyerap tenaga kerja yang banyak dan menurunkan angka pengangguran di Parepare ini.” Ungkap Ibrahim Fattah Direktur YLP2EM Parepare dalam sambutannya. “Jika kita ingin mensejahterakan masyarakat, maka kita harus mensejahterakan pelaku usahanya.” Tambahnya.


Bapak Muh. Yusran Laitupa, Direktur Eksekutif Yayasan BaKTI juga menyampaikan apresiasi kepada para UMKM yang hadir dan ingin belajar. “Semoga kegiatan ini bisa memberi pengetahuan bagi para UMKN di Parepare agar apa yang diusahakan semakin bertumbuh baik, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Ungkap Pak Yusran.

YLP2EM salah satu mitra Yayasan BaKTI dalam Program INKLUSI memperkuat kelompok rentan dan/atau marginal melalui pembentukan dan penguatan init usaha dalam pengembangan ekonomi kerakyatan. Selain itu menguatkan Kelompok Konstituen untuk pendampingan kelompok usaha masyarakat rentan dan marginal.  Sehingga harapannya kelompok rentan dan marginal mampu mandiri dan keluar dari kondisi kemiskinan.


Pasca pemetaan dan pembentukan unit usaha kelompok rentan dan marginal, maka penting dilakukan pelatihan manajemen usaha bagi Kelompok Usaha yang akan didampingi. Pelatihan ini untuk menguatkan pelaku usaha dalam mengelola dan mengembangkan usahanya secara baik dan berkelanjutan.