• admin
  • 09 August 2024

Rapat Koordinasi Forum BangKIT Kabupaten Sumba Barat Daya

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati SBD Nomor 289/KEP/HK/2023 telah dibentuk Forum Koordinasi pengembangan perencanaan masyarakat yang inklusif di perdesaan (Forum BangKIT). Forum tersebut terdiri dari para perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bidang penghidupan di lingkup pemerintah daerah Kabupaten SBD. Forum BangKIT dibentuk dengan tujuan untuk mendorong sinergitas dan integrasi program pengembangan penghidupan masyarakat yang inklusif dengan program prioritas Pemerintah Kabupaten SBD. Selain itu, forum ini juga dimaksudkan untuk mendukung transfer pengetahuan dan proses pengambilalihan pengetahuan dan keterampilan guna keberlanjutan program.

Sampai akhir Juli 2024, hasil perencanaan penghidupan berkelanjutan desa dampingan BangKIT telah diimplementasikan oleh masyarakat. Dari hasil implementasi beberapa kegiatan tersebut juga telah dilakukan pemantauan capaian dan pembelajaran oleh masyarakat desa dan telah disampaikan perkembangannya di level kecamatan. Mengacu pada model peningkatan penghidupan berkelanjutan yang dikembangkan oleh Program BangKIT salah satu fokusnya adalah mengaktifkan peran pemerintah kecamatan dalam koordinasi pelaksanaan pembangunan di desa kepada pemerintah kabupaten, maka perlu dilakukan pertemuan untuk memfasilitasi koordinasi antara kedua pihak. 

Untuk itu, diadakan Rapat Koordinasi Program BangKIT Kabupaten Sumba Barat Daya. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 8 Agustus 2024 bertempat di Kota Tambolaka. Diikuti oleh 37 peserta Forum BangKIT yaitu OPD-OPD terkait dan perwakilan kecamatan-kecamatan yang menjadi lokasi pelaksanaan program, pertemuan koordinasi ini telah memastikan pemerintah kabupaten mendapatkan informasi dari kecamatan terkait perkembangan pembangunan di desa. Di samping itu juga para peserta dapat mengetahui tantangan yang dihadapi oleh desa, dan dukungan yang diperlukan oleh desa. Pada kesempatan rapat koordinasi rutin forum BangKIT periode inilah mekanisme koordinasi antara pemerintah kecamatan untuk menyampaikan dan mendiskusikan perkembangan penghidupan di desa, pembelajarannya, dan tantangannya kepada pemerintah kabupaten diterapkan.

Selain itu, pada rapat koordinasi Forum Bangkit periode ini juga berfokus pada upaya bersama untuk menjaga keberlanjutan kegiatan penghidupan melalui kegiatan replikasi perencanaan. Replikasi perencanaan penghidupan akan dilakukan di desa non-dampingan BangKIT yang memiliki minat kuat baik dari pemerintah desa, kecamatan, maupun kabupaten. Dari rapat koordinasi ini pun dihasilkan kesepakatan rencana kerja dan tindak lanjut yang dibutuhkan dari hasil pertemuan.